Bisnis Plan Keripik Singkong Progres 3


KEWIRAUSAHAAN
USAHA KULINER KERIPIK SINGKONG ENDESS









Disusun Oleh:
                                      Nama            : Mas’amah Nurhaeni
                                      NPM            : 34415058
                                      Kelas            4ID07





JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2018


Usaha Kuliner Keripik Singkong Endess

Deskripsi singkat bisnis Keripik Singkong Endess
            Keripik Singkong Endess merupakan bisnis yang bergerak dibidang kuliner dengan menawarkan makanan ringan berupa keripik singkong dengan 3 varian rasa yaitu rasa original, balado dan keju. Bisnis Keripik singkong akan dijalankan di daerah cirebon.

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
Produk yang dihasilkan
            Jenis produk yang dihasilkan adalah keripik singkong, dimana keripik singkong merupakan makanan ringan yang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang cukup baik. kerpik singkong yang dihasilkan adalah keripik singkong dengan kualitas terbaik dan bahan baku pembuatannya juga dipilih dari singkong yang berkualitas.

Aspek Pasar
            Bisnis keripik singkong di Indonesa sudah tidak diragukan lagi, terlihat sederhana namun banyak sekali peminatnya. Peluang pasar untuk usaha keripik singkong sendiri cukuplah besar, karena masayarakat Indonesia masih banyak yang menyukai makanan ringan tradisonal ini. Usaha keripik singkong dengan berbagai varian rasa dapat menambah peluang pasar usaha keripik singkong.

Target Pasar
            Usaha kuliner keripik singkong ini banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik kalangan muda, anak-anak maupun orang tua. Target pasar yang dituju adalah bagi siapa saja yang menyukai makanan keripik singkong di daerah cirebon. Target pasar untuk bisnis keripik singkong ini adalah untuk para semua kalangan yang menyukai keripik singkong dan menyukai makanan-makanan ringan tradisional. Target pasar Usaha keripik singkong ini juga tertuju pada kawasan kampus baik para mahasiswa maupun siapa saja yang  berada di kawasan kampus. Kawasan universitas atau kampus merupakan target pasar yang memiliki peluang pasar yang cukup besar, karena para mahasiswa biasanya lebih menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai atau bisa juga dijadikan sebagai alternatif untuk menunda lapar.

Analisis Pesaing
            Pesaing atau kompetitor bisnis keripik singkong dintaranya adalah :
Keripik singkong Maicih. Keripik singkong maicih memiliki keunggulan dimana penjualan produknya dengan cara berpindah-pindah danmemiliki banyak varian pedas nya dari level 1 hingga level 10. Maicih tidak hanya memiliki keunggulan, maicih juga memiliki kelemahan yaitu harganya yang relatif tinggi dan dengan harga yang relatif tingga namun isi keripik singkong nya relatif sedikit, sehingga tidak sebanding.
            Pesaing lainnya yaitu keripik singkong Karuhun, dimana keripik singkong karuhun ini memiliki keunggulan yaitu dimana rasa dan keseimbangan bahan-bahan alami serta banyak memiliki varian. Sedangkan kelemahannya yaitu bumbu nya kurang terasa dan harga yang tinggi.

Strategi Pasar
            Strategi pasar yang dilakukan untuk memasarkan produk keripik singkong dengan 3 varian rasa ini adalah dengan cara konsinyasi dimana produk keripik singkong ini dititipkan pada toko-toko makanan ringan maupun toko pusat oleh-oleh makanan khas cirebon. Bukan hanya konsyinyasi, strategi pemasaran keripik singkong ini juga dengan cara personal selling yaitu dengan cara menawarkan secara langsung kepada lingkungan universitas maupun lingkungan kampus.

Analisis SWOT
-          Strength
1.      Modal terjangkau.
2.      Bahan baku mudah didapatkan.
3.      Dapat dipadukan dengan berbagai rasa.
4.      Harga terjangkau.
-          Weakness
1.      Produk mudah hancur
2.      Produk tidak dapat terkena angin yang lama karena menyebabkan perubahan tekstur produk yang semula renyah menjadi keras.
-          Opportunity
1.      Strategi pemasaran relatif mudah, bisa dengan sistem konsinyasi maupun pengenalan produk melalui media sosial.
2.      Peminat yang relatif banyak.
3.      Bisa dijual oleh reseller.
-          Treath
1.      Pelanggan yang mudah bosan.
2.      Semakin banyaknya kompetitor.
3.      Semakin banyaknya makanan ringan yang lebih modern bermunculan, sehingga pelaku bisnis keripik singkong harus terus berinovasi.






















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Plan Keripik Singkong Progres 4

Bisnis Plan Keripik Singkong Progres 2

Maraknya Pengangguran