Bisnis Plan Keripik Singkong Progres 3
KEWIRAUSAHAAN
USAHA
KULINER KERIPIK SINGKONG ENDESS
Disusun
Oleh:
Nama
: Mas’amah Nurhaeni
NPM
: 34415058
Kelas
4ID07
JURUSAN
TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2018
Usaha
Kuliner Keripik Singkong Endess
Deskripsi
singkat bisnis Keripik Singkong Endess
Keripik
Singkong Endess merupakan bisnis yang bergerak dibidang kuliner dengan
menawarkan makanan ringan berupa keripik singkong dengan 3 varian rasa yaitu
rasa original, balado dan keju. Bisnis Keripik singkong akan dijalankan di
daerah cirebon.
ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
Produk
yang dihasilkan
Jenis produk
yang dihasilkan adalah keripik singkong, dimana keripik singkong merupakan
makanan ringan yang memiliki kandungan gizi dan karbohidrat yang cukup baik.
kerpik singkong yang dihasilkan adalah keripik singkong dengan kualitas terbaik
dan bahan baku pembuatannya juga dipilih dari singkong yang berkualitas.
Aspek
Pasar
Bisnis
keripik singkong di Indonesa sudah tidak diragukan lagi, terlihat sederhana
namun banyak sekali peminatnya. Peluang pasar untuk usaha keripik singkong
sendiri cukuplah besar, karena masayarakat Indonesia masih banyak yang menyukai
makanan ringan tradisonal ini. Usaha keripik singkong dengan berbagai varian
rasa dapat menambah peluang pasar usaha keripik singkong.
Target
Pasar
Usaha
kuliner keripik singkong ini banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat
baik kalangan muda, anak-anak maupun orang tua. Target pasar yang dituju adalah
bagi siapa saja yang menyukai makanan keripik singkong di daerah cirebon.
Target pasar untuk bisnis keripik singkong ini adalah untuk para semua kalangan
yang menyukai keripik singkong dan menyukai makanan-makanan ringan tradisional.
Target pasar Usaha keripik singkong ini juga tertuju pada kawasan kampus baik
para mahasiswa maupun siapa saja yang
berada di kawasan kampus. Kawasan universitas atau kampus merupakan target
pasar yang memiliki peluang pasar yang cukup besar, karena para mahasiswa
biasanya lebih menyukai makanan ringan sebagai cemilan sehari-hari saat santai
atau bisa juga dijadikan sebagai alternatif untuk menunda lapar.
Analisis
Pesaing
Pesaing
atau kompetitor bisnis keripik singkong dintaranya adalah :
Keripik singkong Maicih. Keripik
singkong maicih memiliki keunggulan dimana penjualan produknya dengan cara
berpindah-pindah danmemiliki banyak varian pedas nya dari level 1 hingga level
10. Maicih tidak hanya memiliki keunggulan, maicih juga memiliki kelemahan yaitu
harganya yang relatif tinggi dan dengan harga yang relatif tingga namun isi
keripik singkong nya relatif sedikit, sehingga tidak sebanding.
Pesaing
lainnya yaitu keripik singkong Karuhun, dimana keripik singkong karuhun ini
memiliki keunggulan yaitu dimana rasa dan keseimbangan bahan-bahan alami serta
banyak memiliki varian. Sedangkan kelemahannya yaitu bumbu nya kurang terasa
dan harga yang tinggi.
Strategi
Pasar
Strategi
pasar yang dilakukan untuk memasarkan produk keripik singkong dengan 3 varian rasa
ini adalah dengan cara konsinyasi dimana produk keripik singkong ini dititipkan
pada toko-toko makanan ringan maupun toko pusat oleh-oleh makanan khas cirebon.
Bukan hanya konsyinyasi, strategi pemasaran keripik singkong ini juga dengan
cara personal selling yaitu dengan cara menawarkan secara langsung kepada
lingkungan universitas maupun lingkungan kampus.
Analisis
SWOT
-
Strength
1.
Modal terjangkau.
2.
Bahan baku mudah didapatkan.
3.
Dapat dipadukan dengan berbagai rasa.
4.
Harga terjangkau.
-
Weakness
1.
Produk mudah hancur
2.
Produk tidak dapat terkena angin yang
lama karena menyebabkan perubahan tekstur produk yang semula renyah menjadi
keras.
-
Opportunity
1.
Strategi pemasaran relatif mudah, bisa
dengan sistem konsinyasi maupun pengenalan produk melalui media sosial.
2.
Peminat yang relatif banyak.
3.
Bisa dijual oleh reseller.
-
Treath
1.
Pelanggan yang mudah bosan.
2.
Semakin banyaknya kompetitor.
3.
Semakin banyaknya makanan ringan yang
lebih modern bermunculan, sehingga pelaku bisnis keripik singkong harus terus
berinovasi.
Komentar
Posting Komentar